Duduk di Samping Pak Pilot yang Sedang Bekerja



Pulang dari tugas liputan di Kabupaten Puncak Papua, saya duduk di kursi co pilot dalam pesawat dari Ilaga ke Timika. Rasanya menyenangkan sekali. Video di atas itu gambarannya. Atau foto-foto di bawah ini:

Sebuah air terjun di tengah belantara hutan terlihat dari pesawat


Kelokan sungai pun bisa kita nikmati dengan jelas

Terbang di atas awan

Rekan tim liputan yang lain duduk di bagian belakang pesawat yang sebenarnya untuk mengangkut barang

Kumpulan titik-titik rumah itulah ilaga, distrik yang jadi ibu kota kabupaten puncak papua. Ada delapan distrik di kabupaten yang berdiri sejak 2008 ini. Sebuah distrik ada yang nyebut "negara lain" karena rawan. Rawan you know lah. Tapi sekarang kata bupati, TNI, peneliti, warga-warga di sana: sudah aman.

Lihat titik merah putih di bukit kering itu? Dia bendera merah putih ukuran 10x15 meter persegi. Memperingati HUT RI Ke-69, di kabupaten puncak dipasang 5 bendera raksasa di 5 bukit berbeda. Bukit menggaro hangus karena dibakar warga. Tadinya mau dibuat kebun. Simak kisah lengkap pendakian ke Bukit Menggaro di tautan ini.

Yang putih-putih itu bukan salju. Tapi memang di pegunungan tengah ini dingin. Bahkan puncak cartenz ada di kawasan pegunungan tengah papua, di kabupaten puncak yang kami kunjungi. Ibu kota kabupaten puncak itu namanya distrik ilaga

Ini dia salah satu pemandangan dari pesawat barang yang kami tumpangi dari ilaga ke timika. Ada banyak jenis tebing. Yang rata kayak di kanan itu memang unik

Seminggu setelah terbang, pesawat yang pernah kami tumpangi terpeleset di landasan pacu. Beruntung awak kapalnya selamat.

Labels: , , , , , , , ,