Beli CD

Saya baru beli beberapa CD dari sebuah toko CD dan kaset bekas di bilangan Jatinegara Jakarta Timur. Sebenarnya banyak kaset yang pengen saya beli, tapi karena saya ga lagi denger musik pake tape, jadinya beli CD aja. Padahal kaset Daft Punk sempet bikin penasaran. Kaset Scope juga pengen didengerin.

Sempet kaget juga liat koleksi CD sama kasetnya. Semuanya dijual rata, yang impor 30 ribuan, lokal 20 ribu. Saya lalu ngubek-ngubek tumpukan seperti terlihat di bawah ini.




Pilihan saya jatuh di empat CD teratas. Empat CD di bawah ini mengalahkan CD EGRV, Korn: Live and Rare, Marilyn Manson: Mechanical Animal, dll. Sebenarnya ada 2 CD bagus yang sayangnya ga bisa dijual. Jadi ada CD album kompilasi Headbangers Ball 2. Saya baca cover depan-belakangnya, ternyata ada 2 CD, lagunya keren-keren lagi, beruntung lah kalo dapetin ini. Pas dibuka, isinya CD Blink 182 album self titled. Pas ditanya ke abangnya, ternyata tumpukan CD di area itu emang belum disortir, sayang sekali. Di tumpukan yang belum dibenahi itu ada juga CD Enter Shikari.




Sekarang kita fokus ke 4 CD diatas. Di kiri atas ada CD Goodnight Electric album Electroduce Yourself, Kanan atas Drowning Pool: Sinner, Kiri bawah Pearl Jam: Riot Act, kanan bawah ada In Flames: A Sense of Purpose. Dua CD yang disebut terakhir, kondisinya masih sangat bagus. Mereka masih perawan, masih diplastikin. Akhirnya memang kedua CD itulah yang saya tebus.



Pearl Jam saya beli karena saya suka musik grunge, seattle sound atau apalah itu namanya. Tapi grunge yang saya tekuni dengan baik baru Nirvana. Saya cukup kafah mengoleksi karya-karya Nirvana, tepatnya semua beberapa hal tentang Nirvana, dari  poster Kurt Cobain sampe buku biografi Heavier Than Heaven, dari album pertama mereka, Bleach, sampe softcopy rare DVD With The Lights Out yang saya dapet dari Fanfan, sahabat sesama penyuka musik. Nah intinya beli Pearl Jam ini lebih ke pertanggungjawaban moral sih. Haha. Lagu Pearl Jam yang saya tau dan idolakan di album ini baru I Am Mine, sisanya gelap, saya ga punya bayangan soal kayak gimana album ini berbunyi.


Ternyata, musiknya ya begini (saya sambil denger albumnya pas nulis ini. Haha). Saya belum bisa ngomentarin banyak sih, baru denger juga, belum bisa nilai. Soal lirik apalagi, belum ditelaah lebih jauh. Yang menarik dari pembelian album fisik adalah, kemasannya yang suka jadi sumber kepuasan tersendiri. Album ini dilengkapi booklet yang isinya lirik lagu sama foto-foto Pearl Jam lagi latihan. Oiya FYI, album ini dirilis tahun 2002, waktu saya SMP. Saya inget waktu itu I Am Mine emang lagi hits banget, saya masih punya guratan memori tentang gimana suasana video klip lagu itu. Saya kan dulu suka belajar bahasa inggris dari lagu. Nah saya awalnya belum tahu artinya mine itu apa. Saya buka kamus dan mendapati arti mine adalah pertambangan. Saya jadi bingung sendiri kok lagu itu artinya aku adalah pertambangan. Haha. Beberapa waktu kemudian saya diajari arti mine yang sebenarnya, baru deh ngerti. Hahaha.


Album kedua yang saya beli adalah albumnya In Flames, A Sense of Purpose. Pertimbangan pembelian album ini adalah karena selain kualitasnya terjamin karena masih terbungkus plastik, saya berniat buat beli album lokal. Iya, awalnya saya kira In Flames ini band lokal. Soalnya di tulisan di cover belakang bagian bawah ada keterangan CSA Records, komplek bonagabe blablabla Jakarta Timur. Paling ini band (endorse-an) Crooz, simpul saya setelah liat art covernya yang kaos Crooz banget. Pas bayar pun, saya ga mau bayar 30 ribu, soalnya itu kan band lokal, ada label ak.sa.ra-nya lagi. Si abangnya entah pura-pura ga tau apa entah sudah ikhlas, membiarkan saya membayar In Flames seharga CD lokal. Hehe. Tapi beruntung juga sih itung-itung dapet diskon. Hehe. Nah, kesadaran saya bahwa In Flames band impor, baru muncul setelah plastik CD dikoyak dan dijamah isinya. Buset dah keren amat ini band Jakarta sampe niat banget begini bikin art concept sama packaging yang terkesan deluxe, pantesan mahal (ada label harga, 75 ribuan). Pas saya liat nama-nama personilnya, kok pada aneh namanya. Pas diliat album itu direkam dimana, eh Swedia katanya. Dimixing dimana, California katanya. Pas sleeve saya balik, keliatanlah foto personilnya yang ternyata para bule. Hahahaha. Kemana aja gue. Ternyata In Flames udah ada sejak tahun 90an. Album pertamanya aja keluaran 94. A Sense of Purpose ini keluaran 2008.


Gambar orang berkepala aneh di CD mirip konsep Lies For The Liar-nya The Used. Tapi kalo soal musik, In Flames ini mengingatkan kita ke Lamb Of God, atau Mudvayne, atau Killswitch Engage, atau System of a Down, bisa juga ke Mastodon. Keren deh pokoknya, musiknya bagus. Soal lirik saya belum mentadaburi dengan khidmat. Nantilah ya kita bahas. Kesimpulannya, kehadiran 2 CD diatas menambah daftar tunggu CD yang sebaiknya segera saya nikmati. CD Iwan Abdulrahman di bawah belum sempat saya curi dengar. Keasyikan sama musik lain sih, ga pas juga kali ya sama moodnya, apalagi judul albumnya Renungan Ramadhan. Ini kan bulan apa? Syawal aja udah lewat. Haha. tapi album Abah Iwan ini cukup keramat loh bagi saya, meskipun belum didenger yah.


Jadi waktu kuliah, saya dibimbing sama Pak Djemdjem yang ngefans banget sama bimbo. Beliau sering cerita soal musikalitasnya, sama aktivitas luar lapangannya yang demen naik gunung. Beliau juga alumni Lawalata, organisasi pecinta alam kampus IPB. Nah, nama yang cukup sering beliau sebut adalah Abah Iwan, atau Iwan Abdulrahman. Pak Djemdjem terlihat begitu salut sama abah ini. Katanya si abah suka naik gunung cuma buat bikin lagu, merenung, cari inspirasi. Itu demenan beliau juga kali ya, makanya klop. Beberapa minggu lalu, di awal September, saya bertugas meliput ulang tahun Abah Iwan yang ke-65. Ternyata benar, dia bukan orang biasa. Gila men, di umur 60an dia masih kuat naik gunung, ke kilimanjaro lah, elbrus lah, ckckck. Yang dateng ke ultah beliau juga selebritis semua, dari Suryadarma Ali, sampe Slamet Raharjo, ada. Abah Iwan juga ngajar di Unpad, pernah gabung di Bimbo juga. Malam itu di pentas ulang tahunnya, dia tampil jadi single performer. Dia nyanyi sambil diselingi ceramah, bukan ceramah sih, stand up comedy tapi agak serius. Pokoknya inspiratif deh beliau, nanti yah kita lihat rasa albumnya.

================================================================================

Satu lagi album yang saya tunggu, Siliwangi Squad. Itu album baru saya pesan kemarin. Penjualnya bilang besok (hari ini) CD nyampe. Nyatanya mana, ga ada (mulai emosi. Haha). Besok kali ya nyampenya. Album Siliwangi Squad ini album kompilasi hiphop berbahasa sunda. Album musik lain yang lagi pengen saya dengerin adalah albumnya Ras Muhammad. Sebenarnya di toko CD diatas saya nemu CD Steven and The Coconut Treez, tapi rasanya bukan reggae itu yang saya suka. Saya suka reggae-nya Ras Muhammad yang kesannya agak galak. Dua album digital yang baru saya dapat adalah Taring-nya Seringai sama Centralismo-nya Sore. Yang ini saya iseng dapet donlot. Hehe. Sekian dulu kisah tentang CD. Kamu bisa baca memoar soal koleksi kaset saya disini dan disini. Kalau mau beli CD atau kaset di tempat saya beli di Jatinegara, kontak aja orang di bawah ini, klik gambarnya.

Labels: , , , , , ,