Evolusi Kera, Revolusi Kita


Film Rise of The Planet of The Apes mengingatkan saya ke politik etis. Intinya film ini bercerita tentang primata cerdas yang ingin merdeka, mirip politik balas budi yang pernah terjadi di bumi Indonesia. Pribumi dikasih ilmu oleh penjajah, lantas mereka berontak hingga akhirnya merdeka. Di film ini, seekor primata dijadikan objek percobaan sebuah obat untuk menyembuhkan panyakit alzheimer. Ternyata efek sampingnya, si primata jadi lebih cerdas. Tokoh utama di film ini adalah Caesar. Kalau di indonesia, Si Caesar ini ibarat Bung Karno. Ah, pintar sekali "monyet-monyet" pembuat film ini.

Di sebuah adegan perjalanan menuju tanah kemerdekaan, mereka dihadang polisi. Caesar lalu ngelarang si gorila melukai polisi, karena bukan itu misinya. Monyet Caesar ternyata juga menerapkan prinsip ahimsa, mirip Gandhi. Di film Gandhi, dikisahkan orang Inggris pernah bantai orang India, tapi Gandhi nolak balas dendam. Meski kera-kera kerabat Caesar dipukul, dia ngelarang balas. Tapi ada juga kera bandel yang malah mengajarkan "hutang satu dibayar satu". Ada 1 kera yang ditembak, ada juga 1 manusia yang dibuang ke bawah jembatan sama kera temannya, fair.

Selain mengajarkan kita untuk tidak berbuat berlebihan sama binatang percobaan, Rise Of The Planet Apes juga mengingatkan kita untuk tidak eksploitatif sama binatang. Saya jadi inget tentang kekejaman pada hewan yang infonya ada di poskamling.com. Jangan sampe bebek tau soal foie gras, entar kalo misalnya percobaan ransum anak INTP Fakultas Peternakan IPB bikin efek samping bebek makin cerdas, mereka bisa balas dendam :D

Saya beruntung nonton film ini di DVD, soalnya bisa nonton credit title. Disana ada penjelasan tentang nasib wabah virus itu. Kalo di bioskop biasanya orang udah bubar pas credit title, lampu juga udah dinyalain. Ada sejumlah fakta menarik kalau kamu simak kisah dibalik layar film ini. tokoh Rocket misalnya. Nama itu diambil dari nama seorang kru film. Nama formulanya diambil dari durasi total film ini, 112 menit. Kamu juga bisa lihat beberapa adegan yang diambil dari film Planet Of The Apes tahun 1968 yang dimodifikasi ulang di seri ini.

Labels: ,