Vocalista Angels

Di Klaten Jawa Tengah, ada sebuah kelompok paduan suara yang meraih prestasi gemilang di kancah internasional. Awalnya mereka menjuarai kompetisi paduan suara di tingkat kecamatan, kabupaten, menjuarai Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi), meraih medali emas di kompetisi paduan suara di Korea Selatan, China, Amerika Serikat, menempati posisi ke-8 paduan suara terbaik sedunia diantara 1000 kelompok paduan suara lain, dan banyak prestasi lain yang mereka raih, padahal mereka dari daerah, dengan berbagai keterbatasan dan tantanggannya sendiri. Tengok saja deretan tanda penghargaan di foto diatas. Nama kelompok paduan suara ini adalah Vocalista Angels. 


Vocalista Angels bermula dari kecintaan seorang warga Klaten yang juga aktif di kegiatan-kegiatan gereja. Ia lalu merintis sebuah kelompok paduan suara dengan mengundang anak-anak di sekitar kediamannya untuk bergabung. Penghasilannya sebagai agen penyalur bahan bakar gas disisihkan untuk membiayai kelompok paduan suara yang ia lahirkan. Kesulitan finansial untuk membiayai Vocalista Angels berkompetisi ia akui bukan hal yang aneh, tapi ia tetap bertahan. Buahnya, Vocalista Angels kaya dengan prestasi. Thea Sulistyo sang ibu Vocalista Angles pun bangga dengan pancapaian itu.


Vocalista Angels menggunakan rumah sang pembina sebagai tempat berlatih

Anak usia sekolah yang tinggal di Klaten ikut serta dalam kelompok paduan suara ini. Meski awalnya terinspirasi dari paduan suara gerejawi, Vocalista Angels kini didukung personil dari ragam latar belakang keyakinan. Mereka juga mamapu tampil dalam beragam kegiatan keagamaan berbeda.


Pelatih Vocalista Angels tidak menerima serupiah pun bayaran uang. Ia mengaku melakukannya sebagai wujud dari ajaran ayahnya yang seorang pendeta. Menjadi pelatih Vocalista Angels tanpa bayaran adalah wujud pengabdian seperti yang diajarkan sang ayah. Meski seorang kristiani, ia juga melatih para santri untuk melantunkan shalawat di pesantren sekitar Klaten.

Labels: , , , ,