Vektor

Saya sedang jatuh cinta dengan sebuah gaya seni visual. Saya lalu coba-coba bikin karya WPAP gitu, objeknya teman-teman saya yang dipindahtugaskan ke berbagai daerah. Meski berniat membuat WPAP, ternyata saya baru bisa bikin vektor biasa, ga gampang ternyata membayangkan dan membentuk garis sama gabungin warna biar ga terkesan norak. Saya akan berbagi tentang cara membuatnya.


Pertama, foto asli objek kamu siapin. Saya nyusun potongan empat foto di bawah ini dengan bantuan Corel Draw X4.




Setelah itu, foto tadi diolah di Adobe Photoshop, lalu dikasih efek posterize. Posterize itu adanya di menu Image, Adjustment, Posterize. Pasang angka yang kira-kira enak buat kamu ngejiplaknya entar, yang warnanya menyebar relatif rata dan ga terlalu banyak. Angka 3-5 cukup ideal buat ngebentuk kompartemen warna yang enak.




Setelah di-posterize, fotonya langsung diolah lagi di Corel Draw. Layer/gambar yang ada di Photoshop langsung aja di-drag and drops ke Corel, bisa kok. Nah setealah itu, barulah garis-garis warna yang keliatan di foto awal, dijiplak ulang. Ciri khas WPAP itu ga ada lengkung, jadi garis lurus semua, nah saya menerapkan prinsip itu, karena niatnya kan emang mau bikin WPAP, meskipun gagal karena ga sekeren WPAP umumnya. Hahaha. Nah, pewarnaannya disesuaikan dulu sama warna asli, jadi pake color picker di Corel, akhirnya jadilah begini. Oh iya, saya pake patokan warna Achy (yang paling kiri) sebagai acuan buat warna lainnya.




Nah setelah itu, barulah kita bereksperimen dengan warna. Sebenarnya ciri WPAP soal warna, adalah penggunaan warna terang yang saling bertabrakan, kontrak gitu bedanya. Tapi kok pas saya pilih warna itu, kok malah jadi kesannya norak, ga enak diliat. Sekali lagi saya akui, saya gagal. Hahaha. Akhirnya saya bermain aman di gradasi warna kuning ke hijau, jadinya ya hasilnya begini.




Kamu bisa cek karya diatas di akun deviantart saya ini. Disana ada penjelasan tentang kisah si objek. Selamat ber-WPAP, eh bervektor dulu deh buat latihan. Haha. Salam WPAP! Jangan ada kurva diantara kita!

Labels: , ,