Bogor - Bandung: 15 Jam

Jumat itu saya dari Bogor hendak bertolak ke kampung halaman, Garut. Semalam sebelum berangkat, saya sudah berniat bertolak sepagi mungkin dari Bogor, tapi nyatanya saya baru berangkat jam 9an dari kosan. Seperti biasa, rute yang saya tempuh adalah singgah dulu ke Bandung. Dari terminal Baranangsiang, saya naik bis ke Bandung tanpa firasat buruk. Barulah setelah memasuki tol dan mobil melaju tersendat, saya mendapati informasi di linimasa twitter bahwa hari itu ada demonstrasi buruh gede-gedean dan menyebabkan macet parah. Saya awalnya santai-santai aja, paling siang udah lancar lagi. Nyatanya, tol diblokir. Semua mobil disuruh keluar tol dan malangnya saya pasangan sopir dan kondektur bis mengaku dengan lantang bahwa mereka sedang hilang arah. Ternyata kami ada di Bekasi, di daerah industri yang jalannya sempit dan mobil bergerak hanya beberapa meter selama sekian jam. Jam tangan saya menunjukkan bahwa saat itu sudah jam 4 sore. Solat jumat jelas saya skip, solat dzuhur dan ashar pun harus di mobil. Kesel banget rasanya waktu itu. Gini kali ya rasanya di penjara, bingung harus ngapain lagi.

Sadar ketersediaan bahan bakar jadi poin penting, pak supir kasih pengumuman bahwa mesin bis dimatikan. Alhasil lapar dan gerah bersatu padu dengan kekesalan. Untung semua penumpang bis emosinya stabil, semua keliatan saling maklum. Ada penumpang yang mau balik lagi ke Bogor, tapi ga ada mobil lain yang kesana. Ada juga yang mau naik kereta, tukang ojeknya ga berani nganterin ke stasiun, akhirnya ya istiqomah semua di bis. Ah, ternyata sudah maghrib, perlahan udah ada pergeseran mobil. Eh pas mau maju lagi, mobilnya mogok. Terpaksa beberapa orang penumpang pria mendorong bis itu, termasuk saya. Mobilnya nyala lagi, eh si jalan kena macet lagi, nunggu lagi. Magrib lewat, Isya juga, akhirnya mulai ada pergeseran berarti. Mobil kami akhirnya bisa melaju lebih kencang. Tapi tunggu, ada masalah lain. Kondekturnya ngilang. Kami lalu nunggu lagi, sementara mobil lain udah mulai jalan, kami harus memacetkan diri lagi. Akhirnya si kondektur ditinggalin, kami ke Bandung tanpa dia. Katanya pak kondektur itu tadi lagi ke toilet. Akhirnya saya tiba di Bandung jam 12 malam, nginep di kosan adik dulu. Dengan demikian, saya menempuh total perjalanan 15 jam dari Bogor ke Bandung. Kabar baiknya, tuntutan buruh dikabulkan pemerintah, gaji mereka naik sesuai UMR. Yah, ikhlaskan saja, itung-itung nyelamatin anak-istri pendemo.