Indonesia - Malaysia

Sore itu saya lagi ngerjain majalah Can I Say Edisi 4. Eh ada Vivi online Facebook. Saya ajak ngobrol dia, sekalian wawancara 3 film terakhir yang dia tonton. Akhirnya tibalah kami di pertanyaan soal hubungan Indonesia-Malaysia. Vivi adalah mahasiswi Departemen Arsitektur Lanskap IPB yang lagi belajar di Malaysia. Berikut transkrip pembicaraan kami:

Saya: eh vi indonsia gmn sih d mata org malay?

Vivi: hmm.gimana ya ngejelasinnya. so far yg gw rasain mereka sangat2 baik. baiiiiikkkkk bangetttttt. disini ga banyak orang tau ttg konflik indo-malay.mostly (educated people) selalu mikir kalo kita ini saudara serumpun. Kenapa gitu? soalnya d beberapa daerah d sini, emg ada satu kampung yg emg kturunan indonesia. misal --> di johor ada kampung jawa, nenek moyang mereka dari ponorogo dan orang2 disitu sangat2 bangga kalo mereka keturunan jawa. trus ada lagi di negeri sembilan satu kampung keturunan minangkabau. Lagi2 mereka amat sangat bangga atas keminangkabauan mereka. itulah kenapa reog ponorogo dan rumah minang sangat dibanggakan disini. mereka bukan mau mencuri budaya orang, tapi mereka itu bagian dari budaya itu sendiri dan mereka berusaha buat ngelestariin itu, ja

Saya: edan,gw baru tau vi. knp g ada yg nulis gini dr dulu ya?

Vivi: mgkn lo bisa nulis ini, karena gw ga pandai nulis, jadi lo ngewakilin gw. hahahaa. sering banget orang2 johor disini ngajakin gw ngobrol pake bahasa jawa dan mereka kalo gw ajak ngomong melayu, mereka ga mau, mereka prefer jawa dan belakangan ini gw jadi mikir sebenernya isu2 yg ada di indonesia ttg ngerebut budaya itu sebatas propaganda pihak2 yg ga bertanggungjawab dan mereka pinter banget provokasi pers sampe semuanya nyebar d indonesia raya. oh iya, gw sempet sedih jg denger ada berita : Malaysia mau mencuri kembali rumah gadang indonesia. padahal, d negeri sembilan itu ada istana yg emg bntukny rmh gadang dan setau gw itu lagi di renov

Saya: wah gw ngerasa enlightened bgt vi. wawancara ini ntar gw tulis deh

Vivi: walah. segitunyaa. hahaha

Saya: solnya gw ketipu juga vi. jd sebel sm malay

Vivi: hahahaa

Selang beberapa minggu kemudian, saya mendapati kabar mengejutkan dari tautan ini bahwa (mungkin beberapa dari) mereka (orang Malaysia) memang senang maling budaya orang lain.karena malysia emang krisis kebudayaan. Tapi menurut saya, kita jangan terpancing pola pikir generalisasi membabi buta ya. Kalau pun ada yang ga sreg antara Indonesia dan Malaysia, semoga bisa selesai dengan jalan damai. :)


* Foto Vivi diambil dari akun facebooknya

Labels: