Book Your Blog

Pramoedya Ananta Toer pernah berutur bahwa tidak peduli seberapa pintar seseorang, selama dia tidak menuliskannya, kepintaran itu akan lenyap bersama waktu. "Menulis adalah bekerja untuk keabadian," tutup sang maestro. Pameo itu adalah salah satu kalimat sakti yang menjaga saya tetap berurusan dengan huruf, kata dan kalimat, tulisan. Pertengahan tahun 2008 saya mengaktifkan sebuah akun blog. Ya, blog ini. Sejak saat itu saya menuliskan hampir semua hal menarik yang saya lalui. Musik, film, buku, cerpen, skrip film, wawancara, memoar adalah beberapa topik teratas yang sering saya bahas di blog.

Tiap awal tahun, kita sering menyematkan target di dinding kamar rencana pencapaian. Pun begitu dengan saya. "Kaya dengan karya" adalah jalur utama pergerakan saya tahun ini. Di akhir tahun nanti, saya mendambakan terlaksananya sebuah pameran tunggal, pameran karya-karya yang saya produksi selama awal dekade kedua abad 21 ini. Penyelenggaraan pameran bukanlah suatu hal yang mudah, sehingga peluang adanya kegagalan dalam eksekusi tidak bernilai kecil. Karenanya, di lapis rencana kedua, menerbitkan buku yang berisi kiprah personal saya selama 2011 adalah alternatifnya. Saya sudah merencanakan untuk menerbitkan dua buku di akhir tahun ini. Buku pertama berisi beberapa posting yang dibagi berdasar kategori tertentu. Buku kedua adalah komplemen 'buku' lain yang saya buat, skripsi. hehe. Buku kedua akan berjudul Manis Getir Skripsi. Di dalamnya saya akan bercerita tentang perjuangan dan lika-liku dalam menjalani tugas akhir sebagai mahasiswa. Keduanya akan dirilis dalam bentuk buku-e, meski beberapa versi fisik juga akan dibuat. Penyebarluasannya juga tentu akan sangat terbatas, berhubung nantinya buku ini akan jadi buku yang pendanaan dan pengolahannya dilakukan secara independen, buku indie. Besar harapan saya buku itu dapat memberi manfaat bagi lingkungan sekitar.

Kamu pernah merasa apa yang telah kamu lakukan ternyata berimbas positif bagi lingkungan sekitar? Setidaknya orang di sekitarmu turut melakukan apa yang kamu kerjakan. Saya pernah mengalaminya, sangat menyenangkan. Andra, adik kelas saya membuat sebuah blog baru. Katanya dia mengikuti jejak saya. hehe. Tiap orang pasti mengacu pada orang lain dalam beberapa tindak-tanduknya. Dalam ilmu sosiologi, fenomena demikian bisa dijelaskan dengan teori Interaksionisme Simbolik. Saya berharap suatu hari nanti, lebih banyak lagi orang yang mengikuti aktivitas postitif yang telah saya lakukan.




Saat membaca blog milik Agus Surachman, saya sadar bahwa kesempatan untuk mencetak blog menjadi buku-yang-sebenarnya dan diterbitkan oleh penerbit betulan akhirnya muncul juga. Leutika Publisher (sebuah self publisher) menginisiasi kompetisi “Book your Blog”, dan memberi kesempatan kepada para blogger untuk menerbitkan tulisannya dalam bentuk buku.

Kita hanya perlu menulis tentang event ini beserta logo event di blog kita dengan bahasa sendiri dan diberi tag #bookyourblog. Lalu kirimkan alamat blog kita ke eventleutika@hotmail.com. Jangan lupa tulis sinopsis blog dalam 250 kata di MS Word. Sertakan nama, nama pena, TTL, alamat, nomor handphone, alamat e-mail, akun FB, akun twitter. Kemudian attach file Word tadi ke dalam e-mail. Tulis “Book Your Blog” di judul e-mail. Blog yang dikirimkan harus inspiratif, berisi cerita-cerita yang dapat menjadi inspirasi bagi orang lain. Tentu saja tidak boleh mengandung SARA dan pornografi. Tulisannya juga harus berkarakter, konsisten berisi materi-materi yang terkonsep dan orisinil. Nantinya akan dipilih tiga blog terbaik untuk mendapatkan hadiah ini:

Tulisan-tulisan di blog kamu akan diterbitkan GRATIS dalam bentuk buku oleh Leutika Prio
- Royalti 15% dari harga produksi
- Paket buku dari Leutika Publisher

Kalau blog kita belum terpilih sebagai pemenang, penyelenggara akan memberikan diskon paket penerbitan sebesar 20%. Batas akhir pendafataran 30 September 2011. Untuk memperoleh info lebih lanjut, kamu bisa kunjungi http://leutikaprio.com/, akun Twitter @leutikaprio dan Fanpage Facebook http://www.facebook.com/leutikaprio



Labels: ,