HEROES


Buku ini judulnya HEROES. Bukan, bukan nyeritain Batman, Superman, Spiderman dan kroninya. Buku ini menceritakan kisah 6 orang pahlawan Kick Andy 2011. Buku ini saya dapat sebagai hadiah dari acara Kick Andy Off Air di IPB. Saat itu saya jawab pertanyaan. Ini foto saya waktu itu, Laras yang fotoin.

Nah buku ini isinya sangat inspiratif. Dari kata pengantar sampe halaman 104 di akhir, ga ada kata yang sia-sia. Enam orang pahlawan ini memang patut diacungi jempol dan ditiru. Mari saya ceritakan satu persatu.

1. Sidik. Pria tanpa kaki ini mampu keliling jakarta jualan kerupuk pake motor yang ia desain hingga bisa ia tunggangi. Dari Sidik ini saya belajar untuk menaklukkan kekurangan kita. Keterbatasan bukan alasan untuk menyerah lah intinya.
2. H. Agus Bambang Priyanto. Jasanya yang paling dikenang adalah menjadi komando lapangan saat bom meledak di bali. Pak Agus ini bahkan diganjar gelar CNN Hero. Tapi apa yang dia lakukan? gelar itu ditolak. Sadis ga tuh? katanya semua yang dia lakukan emang udah seharusnya dan ga usah diganjar penghargaan gitu. Kalimat terakhir itulah pelajaran penting dari beliau. Pengabdian tanpa pamrih.
3. Dr. Joserizal. Si bapak ini emang udah terkenal, di TV sering muncul. Dia ini relawan yang suka nolong korban bencana di seluruh belahan dunia. Jiwa sosialnya tinggi banget. Saya malu, belum banyak kegiatan sosial yang udah dilakukan.
4. Saekan. Bayangkan kamu tinggal di sebuah daerah yang ga ada air bersih. Mandi jarang, nyuci jarang, dll. Mau ngapain? Ngomel? Bapak ini ngga begitu. Dia jadi bagian dari solusi. Nanam pohon si bapak ini, akhirnya beberapa tahun kemudian daerah gersang yang awalnya dia tempati bisa subur dan kaya air bersih. Pas nanam pohon itu ia diketawain warga lain, percuma katanya. Pas usahanya berguna, pada malu tuh pasti yang ngetawain. Mirip kisah nabi Nuh lah. Mirip kita yang kadang ciut ketika kebiasaan yang menurut kita berguna dikritik, tapi kita yakin apa yang kita lakukan itu suatu hari pasti berbuah manis.
5. Dynand Fariz. Orang ini adalah otak dibalik menempelnya gelar kota fashion bagi kota Jember. Catwalk terpanjang di dunia ternyata bukan di Paris, bukan juga di Milan. Di Jember saudara-saudara, berkat orang ini. Di perjalanannya mewujudkan sukses ini, banyak yang ga suka, negludahin, ngejek, dll. Toh dia tetap jalan, dan duar, prestasi internasional memukul balik para resistor itu dengan telak.
6. Ciptono. Beliau ini mengurus para orang-orang spesial dengan mengembangkan SLB. Sangat terpuji, mulia dan inspiratif.






Labels: ,