Manis Getir Skripsi: Prolog

Ini adalah edisi perdana paket kejadian seputar penyelesaian studi saya di Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor. Untuk menyelesaikan proses pendidikan di departemen tersebut, saya harus melakukan sebuah penelitian yang tentu saja berkaitan dengan keilmuan yang diajarkan di dalamnya. Topik penelitian/skripsi di Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) boleh berkisar antara ranah ilmu keluarga (sosiologi, ekonomi, dll.), ilmu tumbuh kembang anak, dan ilmu konsumen.

Adik kelas saya pernah bertanya, "Bang kenapa lu pilih topik tentang konsumen?"
"Biar terkesan maskulin," jawab saya pasti.
Ya, IKK memang kebanyakan dihuni mahasiswa perempuan, entah kenapa. Padahal di dalamnya dipelajari ilmu tentang kesetaraan gender. Di sebuah kampanye calon ketua BEM fakultas, saya pernah menuntut si calon agar mengupayakan kesetaraan gender setidaknya secara kuantitas, jangan terlalu timpang lah minimal, ironis. Saat ini 2 tahun telah dilalui sang ketua BEM. Apakah ia benar-benar mengupayakan tuntutan saya? Saya tidak tahu. Tapi sepertinya peningkatan mahasiswa pria di fakultas kami memang sedang diupayakan.

Baiklah, saya mulai ngelantur. Jadi penelitian yang saya lakukan adalah menghubungkan antara pengetahuan konsumen dan persepsinya terhadap nada sambung dengan perilaku pembelian konsumen terhadap produk itu. Untuk mendapatkan data tentang persepsi, pengetahuan dan perilaku pembelian konsumen, saya harus meminta responden penelitian untuk mengisi instrumen penelitian berupa kuesioner. Kuesioner itulah yang akan menjadi tema sentral dalam seri Manis Getir Skripsi ini. Selamat menikmati :)

Gambar diambil dari https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpk_AZAtfcEtX5_DAmWk1bQNMIjE29SFAE-rT4-Vkb0QRvTwaFZ4IMIJ9aAl0Df3GH3pOHyVAx8P_wZ-e0B8x_2WQ495JxlNcpyRevDfOLTMFMVmg1fp4KA3DSwyBtuKvNtFk2k7BvZp7n/s1600/sudahkah+mengerjakan+skripsi.jpg

Labels: , , ,