Manis Getir Skripsi: Kilas Balik


Topik penelitian yang saya jalani saat ini sebenarnya sudah terpikir sejak medio semester 6 lalu. Waktu itu saya mendaftar beberapa calon judul. Saya pernah terpikir untuk meneliti fanatisme suporter sepak bola yang sudah ditanamkan sejak usia dini. Lihat saja adik-adik kecil kita, mereka sudah bangga dengan kaos yang bertuliskan The Jack atau Persib Untukmu Hidupku. Bahkan beberapa anak penjual donat sekitar kampus yang saya ajak mengobrol bertutur bahwa cita-cita mereka adalah menjadi pemain bola, mereka adalah Kabo Mania.


Akhir semester 6, sekitar awal Juni 2010 sebelum berangkat ke Kalimantan untuk melaksanakan kuliah kerja profesi (KKP), untuk pertama kalinya saya berkonsultasi dengan kedua dosen pembimbing. Dua bulan berlalu di pulau seberang, proposal tidak sedikit pun saya sentuh. Sekembalinya dari Borneo, saya melalui semester 7 dengan beberapa mata kuliah sisa, proposal belum maksimal digarap. Pokoknya January harus udah mulai penelitian. Eh besoknya udah january lagi, proposal belum siap. Pokoknya February harus udah mulai turun lapang. Eh pas bilang begitu udah bulan Maret. Begitulah kemudian akhir Mei saya benar-benar mulai mengumpulkan data penelitian. Hikmah dari rentang bulan yang saya lalui itu adalah, mulailah menggarap proposal dari sekarang wahai adik-adikku angkatan 45, dan cicil meskipun sedikit-sedikit. Dengan demikian, kalian bisa lulus tepat waktu. Saya juga sedang mengusahakan lulus tepat waktu ini. Dua juli adalah tanggal pertama kali saya datang ke IPB. Empat Juli saya daftar ulang. Artinya kalau mau 4 tahun menjadi lama studi di IPB, saya harus lulus maksimal tanggal segitu. Mari, berpacu dalam skripsi!

Labels: