Film Tentang TPB IPB

Halo, saya Rheza Ardiansyah, IKK 44. Waktu TPB saya panitia MPKMB divisi PDD. Waktu itu saya terpikir untuk membuat sebuah film yang menggambarkan suasana IPB kepada adik kelas yang baru masuk kampus kita ini, namun rencana pembuatan film gagal, bahkan idenya sendiri seakan terlupakan hingga tiga tahun setelahnya, baru teringat lagi tahun ini, di akhir masa studi saya. Sialnya lagi, kertas coret2 yang menggambarkan tiap adegan film itu hilang. Oleh karena itu sebelum saya hengkang dari institusi ini, perkenankan saya mengutarakan ide tentang film itu. semoga ide ini bisa membantu teman2 memperkenalkan IPB ke mahasiswa baru. :)

Film diawali dengan slide show foto2 tokoh utama (pria) yang sejak kecil sudah mengenakan berbagai baju keprofesian. Ada foto dia saat mengenakan seragam polisi, dokter, pemadam kebakaran, pilot, dll. (foto anak kecil lain juga bisa digunakan, tidak harus foto tokoh utama asli yang dipajang, yang penting jelas maksudnya, bahwa masa kecil itu cita2 kita masih bebas tanpa banyak pertimbangan). Selama slide show itu, iringi dengan voiceover yang intinya menceritakan bahwa sejak kecil banyak cita2 si tokoh utama, hingga akhirnya dia bercita-cita untuk menjadi sarjana pertanian dan mengembangkan pertanian indonesia dengan masuk IPB.


Fade in. Pengambilan gambar dari tempat kantin ke arah lapangan asrama. View kamera menurun dari langit ke bawah asrama. Zoom in ke jendela yang lampunya nyala. Kalau di C1, kamar 92 bagus jadi tempat syuting. Di dalam kamar, ada mahasiswa yang baru masuk. Kamera pindah ke dalam kamar 92 tadi yang memperlihatkan adegan mahasiswa yang baru datang lalu berkenalan dengan teman sekamarnya yang lain. Kamera keluar kamar, pintu ditutup, label kamar 92 diganti jadi nomor 48, sesuai nomor angkatan baru. Kamera shot nomor itu, fade out.


Fade in, kamera ada di depan jam di meja yang berdering, alarm. Trus tangan dari belakang jam itu mencet off diatasnya, ternyata telat. Udah jam 6 misalnya. Si tokh utama diliatin buru2 ke kamar mandi, solat, apel pagi, ngantri mandi, sampe keluar kamar mandi, dandan,dll. adegan ini bagusnya jadi kayak buru2 dicepetin gitu sampe berangkat keluar asrama. Musik latar temponya cepat. Fade out.


Fade in, suasana di dalam kelas. Kamera dari barisan belakang liatin dosen yang lagi ngajar. Tempat syuting untuk adegan ini misalnya di OFAC B12. Setelah itu view kamera dari depan ke belakang. Keliatan ada yang bener2 merhatiin, nulis2, ngobrol, tidur, maen HP, dll. Ternyata si tokoh utama lagi ngobrol sama cewe di sebelahnya. Pas dosen bilang kuliah hari ini sampai sini, pada bangun/beres2 siap2 pulang. CUT TO


View kamera dari pintu keluar, si tokoh utama lagi ngobrol + jalan berdua sama cewe yang tadi.


View kamera dari belakang mereka berdua yang jalan dan ngobrolin buku.


View kamera dari depan ke mereka yang mau pinjem2an buku. Si cewe bilang sekarang aja minjemin bukunya, sambil nganterin si cewe balik ke astri. Fade out


Kamera dari gerbang astri, view menurun dari langit ke arah gerbang ada mereka lagi jalan masuk. Si cwe bilang cowo tunggu di pos satpam aja ga boleh masuk. Si cewe ambil buku dulu di kamarnya. Si cowo tengok2 ke sekitar, ngobrol2 sama satpam tentang etika bertamu mahasiswa cowo ke astri dan sebaliknya. Setelah penjelasan beres, datenglah si cewe ngasih bukunya. Buku karya IPB baiknya yang dipake. Pola induksi seorang eksperimentalis karya pak andi hakim nasution bisa dipake tuh, atau novel karya pak memed gunawan, alumni IPB, atau buku apa aja yang berkaitan sama IPB. Trus si cowo nanya gimana sih kehidupan di astri. Nah film langsung menuju ke penggambaran asrama putri, suasananya gimana, kegiatannya apa aja, kisah serunya apa aja, dll. Setelah itu si cowo pamit balik ke astra. Kamera dari belakang si cowo menuju gerbang, kamera mundur sampe ke belakang cewe yang ngeliatin terus si cowo. Trus cowonya balik kepala liat ke belakang, si cewe dadah gitu, si cowo dadah juga. Fade out. (Bagian ini pasti disorakin penonton.hehe)


Nah sekarang giliran si cowo jelasin gimana situasi astra. Gambar dipercepat kayak pandangan dari motor ke arah asrama putra sampe gerbang. Musik latar temponya cepat. Fade out


Fade in ke kamera yang ngarah ke lorong asrama yang kosong. Terus dari samping muncul si cowo tadi, jalan ke arah lorong. Trus dia bukain pintu kamar tetangganya satu2, ada yang lagi tidur di dalamnya. Buka kamar berikutnya ada yang lagi nyanyi2 sambil main gitar bareng yang lain. Buka kamar berikutnya ada yang lagi solat. Buka kamar berikutnya ada yang lagi bakar dupa (intinya lagi ibadah agama hindu, atau agama lain juga, biar berimbang, tapi pesannya kena,intinya di asrama nilai2 agama juga hidup). Buka kamar berikutnya ada yang lagi belajar, Buka kamar berikutnya ada yang lagi push up, Buka kamar berikutnya ada yang lagi ganti baju (beneran ini, baru lepas kancing aja ceritanya, trus tutup lagi.biar ada bumbu humornya.hehe) dll. Akhirnya dia masuk kamarnya yang nomor 48 tadi. Pas nutup kamar, diliatin lagi nomornya, fade out.


Selingan buat sesi selanjutnya, liatin suasana alam sekitar asrama putra yang asri pas sore-sore,sunset, gerbang yang rame, dll. Setelah itu langsung liatin suasana kumpul lorong, si SR lagi ngobrolin topik apa kek semacam pesan2 buat anak asrama, bentar aja. Trus ditutup, bubar anak2. Ada yang tanya malam ini pada kemana, ada yang mau ke bara, ada yang mau di kamar aja belajar, ada yang mau ngumpul organisasi. Nah yang ngumpul organisasi itu si tokoh utama. Kamera lama2 mundur, anak2 pada masuk kamar mau siap2 dengan aktivitas selanjutnya sampe kamera liatin lorong yang kosong, fade out.


Fade in, liatin suasan GKA, SC, atau pusat kegiatan mahasiswa lain pas malam yang rame sama diskusi2/rapat2. Flash2 aja gitu kayak sekilas2 laitin kondisinya, trus liatin jam dinding muter dari jam 7 sampe jam 9. Cut to. Gambar GKA dicepetin kayak orang cepet2 gerak sampe GKA malam bener2 kosong. SC juga begitu, view kamera dari pintu depan, diliatin keluar/masuknya mahasiswa tapi dicepetin sampe lampu SC mati. Fade out.


View kamera langsung ke adegan si cowo masuk kamarnya, liat temen2nya lagi maen gitar, ada yang baca, ada yg nulis. Si cowo masuk, trus tanya lagi baca apa? Misalnya jawabannya lagi baca koran, trus cerita gimana kondisi pertanian kita yang ada di koran itu. Trus yang nulis nimbrung, katanya dia juga lagi nulis esay tentang topik itu. yang main gitar langsung nyanyi2 liriknya tentang topik pertanian yang lagi dibahas, trus dia senang, itu lagu barunya ceritanya. Si cowo pemeran utama geleng2 kepala, nepuk pundak si pemain gitar, trus duduk di mejanya, buku yang dia bawa2 (buku yang dipinjem dari cewe tadi ceritanya dipegang2 terus diuar tas. Sejak awal kesan ini perlu ditampilkan) disimpen di meja. Terus dia nulis, kamera shot kertas yang dia tulis, itu buku mimpi. Disana misalnya ditulis, tahun sekian lulus IPB dgn predikat apa, tingkat berapa udah jadi mapres misalnya, jadi presma juga, jadi GM MAX!! juga. hehe. akhirnya jadi menteri pertanian, dll2. trus kamera jalan ke arah jendela, ngarah ke luar jendela, naik ke langit yang penuh bintang. Fade out. THE END


Bonus nih, foto waktu saya masih tinggal di asrama sama foto panitia MPKMB 45 divisi PDD:


Labels: , ,