Ikiw: Orang Yang Ga Suka Musik Itu Orang Munafik

Tema romantika perjuangan menegakkan bendera musik di IPB tak pernah surut dibahas. Selain disinyalir minim kesadaran mengapresiasi saat sebuah gelaran seni digelar, jumlah tokoh intelektual (baca: mahasiswa) yang rela membasahi diri dengan keringat musikal pun tak banyak. Diantara jumlah aktor yang sedikit tadi, terdapat sebuah nama, Riki Rachman alias Ikiw. Ikiw adalah mantan mahasiswa Fakultas Peternakan angkatan 43 (2006). Menyibak isi dibalik tempurung kepalanya adalah hal yang menarik, karena mahasiswa yang berkecimpung dalam dunia melodia di mata saya selalu punya rangkaian neuron yang tersimpul dalam formasi lain dari yang lain. Katidakbiasaan yang saya maksud diantaranya adalah pernyataan bahwa orang yang tak menyukai jenis musik tertentu sebenarnya tidak mencintai musik. Melalui paket tanya-jawab berikut, Ikiw mempertanggungjawabkan pernyataannya.

Menurut Anda seberapa penting peran musik dalam hidup ini?

Menurut gue ya itu penting banget musik. Kalo orang ga suka musik, menurut gue dia munafik. Semua orang pasti pernah bermain musik, entah itu bernyanyi atau cuman toktoktok [mengetuk-ngetuk meja] tanpa sadar orang akan ngelamun terus toktoktok [mengetuk-ngetuk meja lagi]. Contohnya deh hari senin upacara, nyanyi Indonesia Raya itu tu udah musik. Semua orang menurut gue ga bisa lepas dari musik.

Musik yang bagus itu apa?

Musik yang bagus itu musik yang bisa memberikan energi buat pendengarnya.

Contohnya?

Contohnya orang yang maen musik dengan tulus menurut gue itu udah bagus, entah itu musik dangdut, keroncong. Kalo dia memainkan dengan sepenuh hati, orang ngeliatnya “wah ni orang bermain musik memang dengan totalitas dia, dengan kemampuan dia” menurut gue itu udah bagus. Ga ada musik yang ga bagus.

Sejak kapan Lu mulai serius bermusik?

Sejak SMP

Untuk bermusik itu, Lu dapet dukungan dari orang tua?

Iya dapet dukungan orang tua, dibeliin gitar sejak umur 12 tahun. Abis itu lagu pertama yang dibawain lagunya Padi, Mahadewi. Waktu itu masih ababil-ababil gitu [tertawa]. Pernah saking boomingnya itu band Padi sampe termotivasi ngeband.

Siapa yang menginspirasi Lu buat bermusik?

Banyak. Kalo tokoh musik dalam negeri [diam] yang luar negeri deh, blink 182. Waktu itu maenin lagu The Rock Show. Gue dikasih kasetnya waktu itu, suruh denger terus bawain lagu ini, yaudah gue bawain. Abis itu gue mulai melek musik tuh, jadi tadinya cuma denger musik yang Indonesia aja, Shelia On 7, Padi, Dewa, Slank, Iwan Fals, tapi pas awal-awal SMA mulai melek musik, ternyata musik itu ga itu-itu aja.

Lu sekarang main di band apa?

Gue punya 2 band. Dulu sempat sama Limpy, sama Limas temen gue. Bikin Nine Foul Out, waktu itu jaman TPB karena kita satu lorong. Waktu itu dia di kamarnya setel lagu AVA “wah lagu AVA,siapa ini (yang nyetel)?” kenalan di situ, eh taunya sekelas, sering bareng lah ama dia, sering maen ngomongin musik. Terus pertama kenal Limpy dulu kan TPB juga, terus kenal Kentung, gue tau dia bisa maen gitar. Terus cari drummer kan ga dapet-dapet, akhirnya ketemu si Narcong. Terus gitarisnya Roni. Roni temen lorong juga. Tadinya gue gitaris tp jadinya maen bass, terbentuklah Nine Foul Out, band buat TPB aja. Tapi kesana-kesana akhirnya gue cabut dari band dan itu gue mendirikan CLIB, Clumsy Little Boy. Gue ajak Reza, ajak Yogi, ajak Yandi. Sebenarnya gue sama Yogi pernah ngeband juga di Aisuru, waktu itu gue additional bassist. Waktu itu Iye-nya ga bisa, akhirnya gue gantiin, dan sampe sekarang gue ajak Yogi maen drum, sampe sekarng CLIB jalan. Baru satu tahun. Baru setaun ya Za? [Reza ngangguk]

Sementara CLIB terbentuk, bagaimana nasib Nine Foul Out?

Ga tau, hiatus katanya. Tapi ga tau juga sih, semenjak gue keluar, mereka rekrut bassis baru

Kenapa Lu keluar dari Nine Foul Out (9FO)?

Karena jenuh maen musik, banyak kesibukan yang lain akhirnya gue keluar. Tapi sekarang punya 2 band, CLIB sama Failed Plastic Surgery

Apa perbedaan dua band yang Lu jalani itu?

Kalo CLIB lebih ke power pop, kalo Failed Plastic Surgery lebih ke apa ya? metal dan lebih keinfluence dari personelnya masing-masing. Itu tadinya kita (Ikiw dan Limpy) cuma nongkrong berdua, maen ke kosannya maen gitar “eh bikin lagu yu, taro di Youtube,sok metal-metalan” eh akhirnya “kenapa ga bikin band aja” yaudah.

Jadi setelah keluar dari 9FO ga musuh-musuhan ya, kan biasanya kalo bubar musuhan?

Kan kita teman, bukan berarti keluar dari band musuh-musuhan, ya ga Lim? (Limpy: tapi kita bukan gay) [tertawa]

Gimana progress dua band yang Lu jalani?

Lagu CLIB yang ada tu lagu yang udah gue buat waktu SMA. Waktu itu tempat menyalurkannya ke siapa belum ada, akhirnya di CLIB. Kalo Failed Plastic Surgery tu lagunya lebih terinspirasi ke kehidupan sehari-hari dengan tema unik dan cepat. CLIB baru rilis 1 lagu padahal tabungan lagunya banyak [tertawa] kalo Failed Plastic Surgery udah ada 8 lagu, Tapi belum ada yang udah di-take

Kadang orang tua selalu berpikir skeptis ke anak band. Gimana pendapt Lu tentang ortu yang begitu?

Menuret gue itu tergantung gimana cara kita menyampaikan ke ortunya ya. Tadinya orang tua gue juga agak “apaan sih ngeband buang waktu doang”. Tapi itu omongan ibu gue, kalo ayah gue beda, ngedukung banget karena dia dari dulu pengen ngeband tapi ga bisa alat musik, jadi hanya pendengar. Dari dulu gue juga dicekokin band jadul, kayak AC/DC, Metallica, Led Zepelin. Tiap pagi dia nyetel lagu itu. Dia ngefans banget ke AC/DC sama KISS

KISS Korea apa Amerika nih? KISS Korea kan ada juga

KISS Amerika, yang bermasker-masker gitu. Dari situ gue tau Deep Purple apa, kayak gimana, gitu. Akhirnya ayah dukung, ibu ga dukung, ya udah. Akhirnya gitar pun ayah yang beli. Akhirnya gue beri bukti “ma ngeband daripada ngerokok sama nongkrong ga jelas mending ngeband aja ma”.

ini KISS Korea

ini KISS Amerika

Lu ngerokok?

Ngga, ngerokok kalo lagi stress aja, kondisional. Putus ama cewe, rokok [tertawa]

Ikiw baru menempuh hidup baru sebagai sarjana peternakan. Gimana kaitannya dengan hobi ngeband?

Tadi gue bilang musik ga bisa lepas dari kehidupan kita, jadi apapun kesibukan kita pasti kita bakal meluangkan waktu buat bermain musik dan sebisa mungkin gue juga bakal berbuat gitu. Sebenarnya cita-cita gue itu pemusik dengan side job employee

Gmn lu melihat diri sendiri?

Gue itu orang yang brmimipi terlalu tinggi, tapi gue yakin suatu hari gue pasti dapet

Jadi lu yakin CLIB bakal jadi band mega legendaris?

Tai lu [tertawa] (Limpy pernah mengirim SMS bahwa latihan Failed Plastic Surgery batal karena (di SMS itu ditulis) ada latihan band mega legendaris, Clumsy Little Boy)). Ngga, gue ngeliat diri gue tuh sebagai orang yang terlalu terstruktur, semuanya ada proses, ga ada yang instan. Gue anggap apa yang gue dapet itu apa yang gue usahain dulu.

Harapan terhadap band Lu gimana? Misalnya bandnya go international?

Itu sih harapan semua band ya. Gue yakin Ungu pun yang udah besar pasti ingin lebih besar lagi.

Band dunia-akhirat kalo perlu ya?

(Limpi: band akhirat, growl) [tertawa]

Terus-terus?

Dan itupun terjadi pada semua orang. Entah itu sebuah band atau seorang pribadi doang, tapi orang pasti mengharap lebih dari yang dia dapat.

Apa musik yang benar-benar mgninspirasi dan Lu rekomndasikan ke orang lain buat didengar?

Oh band apa yang harus didenger? Kalo yang menginspirasi gue adalah kalo maen bass tu karena gue suka Blink 182, Mark Hoppus. Gue menyarankan pembaca buat dengerin musik yang lu suka dan ambil pesan dari musik yang lu denger. Jangan mengotak-kotakkan musik. Contohnya APWG, kenapa ngelemparin PWG, padahal kan PWG cuma maen musik dan niggalin hal negatif. Orang main musik kok dilemparin, kenapa emang ada yang salah ya dia ngeband? Itu yang gue bingung dari kondisi musik Indonesia, ga suka kok dilemparin. Orang berbuat hal yang positif, kenapa hrus dilempar. Menurut gue kalo misalkan ga suka sama musik (tertentu) berarti lu ga cinta musik karena lu ngotak-kotakkan musik. Kalo lu ga suka musik jenis tertentu berarti lu ga cinta musik, berati hidup lu stuck disitu aja, lu ga terima pendapat orang lain, ga dengerin apa yang ada di sekeliling, lu hanya stuck di satu tmpat. “Ah gue anak metal, ga dengerin anak pop” itu salah, lu bukan anak musik, lu org yg berpikiran pendek. Yaudah dengerin musik yg lu suka. “Ah lu anak melayu, lu cupu” emang knapa? Ini yang gue suka, why not? Kalo lu ngeritik musik melayu cupu, brati lu bukan orang yang cinta musik, tapi lu berpikiran pendek.

Apa pesan lu buat adik-adik kelas pejuang musik IPB?

Pertama jangan nyerah, trus tetap berkarya aja dengan baik, jangan malu karena anak IPB gitu. Maksudnya jangan stuck karena IPB, pertanian doang yang lu bisa, lakuin apa yang lu mau. “Ah gue IPB gue hrus cinta pertanian, harus ahli dalam pertanian” memang lu harus ahli prtanian, tapi ada hal lain yang juga harus dikuasai, jangan stuck lah dalam satu hal. Jangan stuck dalam 1 jenis musik tertentu, universal kok, masih banyak yang bisa dipelajari.


*Akun twitter Ikiw bisa diakses melalui tautan ini http://twitter.com/Rikiikiw

** Ikiw siap dihubungi kapan pun, 24 jam, di nomor ini 08569xxxxxxxxxxxxxx hahaha

Labels: