kids learn to p, adults learn to f

tadi malam gw liat anak-anak maen pukul-pukulan pake botol air mineral kosong. Meski keliatan pura-pura, aksi mereka ganggu pejalan kaki, apalagi mereka sampe ke tengah jalan. Gw jadi terinspirasi mencetuskan sebuah jargon. Kids learn to punch, adults learn to fuck. Yeah, itulah yang sempet gue pikir,pernyataan yang lahir akibat asosiasi fenomena anarkis anak muda sama skandal pornografi golongan tua, pathetic.

Gw nyampe kosan ceritanya, terus Kak Iif cerita katanya ada tawuran anak SMP di pangkot. Lha berarti yang gw liat tadi itu beneran. Tapi kok pake botol plastik? Ternyata yang Kak Iif liat, tadinya ada tawuran sampe maen lempar-lemparan kayu. Parah ni bocah-bocah. Suatu hari gw nebeng motor Oka. Di depan BNI, anak-anak SMA tanpa sebab pasti mukulin anak SMA lain yang ada di angkot, sampe nekat nyebrang, padahal traffic lagi rame. Gila men. Oka bahkan sempet bilang alay ke anak itu pas papasan di tengah jalan. Ada apa sama generasi muda kita?
Thomas Lickona bilang kalo bangsa yang bakal ancur tu punya 10 ciri-ciri. Here they are:
1. Meningkatnya kekerasan di kalangan remaja
2. Penggunaan bahasa dan kata-kata yang memburuk
3. Pengaruh peer group yang kuat dalam tindak kekerasan
4. Meningkatnya perilaku yang merusak diri seperti narkoba, sex bebas, dan alkohol
5. Kaburnya pedoman moral baik dan buruk
6. Penurunan etos kerja
7. Rendahnya rasa hormat kepada orangtua dan guru
8. Rendahnya rasa tanggung jawab baik sebagai individu maupun warga negara
9. Ketidakjujuran yang telah membudaya
10. Adanya rasa saling curiga dan kebencian di antara sesama

Coba tengok, ciri mana yang udah keliatan? Gawat yah. Oleh karena itu, marilah kita cegah mimpi buruk diatas biar ga jadi nyata. Mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang, mulai dari hal yang kecil.

Labels: