secrets of the furious five


Ga ada yang ga setuju, kalo kungfu panda emang tontonan yang amat sangat bermutu. Selain tampilan animasi yang canggih, cerita yang bagus, pesan2 dari tiap adegannya pun betul2 mendidik. Seorang teman (kalo ga salah arga, waktu kumpul klip di kantin GM) ngasih tau kalo kungfu panda ternyata ada sekuelnya. Katanya download aja di indowebster. Sampe saat ini, gw belum sempet download tu film, tapi alhamdulillahnya, lanjutan kungfu panda itu udah tayang di TV, tepatnya tanggal 26 Desember jam setengah 6 sore di R**I. Film berdurasi setengah jam ini (ditambah iklan) nyeritain tentang masa lalu lima pendekar yang tergabung dalam kelompok the furious five. Bukan kungfu panda namanya kalo ga ada pesan moral di dalamnya.hehe, makanya gw merasa terpanggil buat nyeritain film itu, khususnya buat yang belum nonton. Ga usah banyak lagi cingcong, langsung aja kita simak, the secret of the furious five. Here we go!

Cerita diawali sama po dan master shifu yang mau ngajarin kungfu ke anak2 kecil. Kata shifu, kungfu harus diajarkan ke tiap generasi. Trus, po disuruh ngajar, si master pulang dulu. Awalnya po kesulitan ngendaliin anak didiknya, mereka pada bandel, ga mau denger po, tapi akhirnya mereka nurut juga buat duduk rapi. Setelah siap, po langsung bilang kalo kungfu itu ga Cuma belajar nendang ato mukul, tapi juga ada inner value-nya. Sebagai contoh, po nyeritain masa lalu the furious five.

Mantis

Pendekar serangga ini memang dari awal udah jago. Gerakannya cepet, tapi sayangnya dia ga sabaran. Menurutnya semua hal yang ada di sekitarnya bergerak sangat lamban. Suatu hari dia diminta tolong sama domba buat balas dendam ke buaya. Akhirnya berangkatlah c mantis ke markas buaya. Tapi karena ketidaksabarannya yang berkombinasi sama kecerobohan, mantis terperangkap jebakan buaya, mantis pun dipenjara. Selama di penjara, dia berpikir tentang kekurangannya. Akhirnya dia sadar bahwa dalam melakukan sesuatu, harus punya perencanaan dan jangan terburu-buru. Buat nipu buaya, mantis pun pura2 mati. Pas pintu penjara dibuka, dihajarlah tu buaya, akhirnya mantis menang.

Ular

Once upon a time, hiduplah seorang pendekar ular yang senjata andalannya adalah taringnya. Si pendekar lalu punya anak, tapi anaknya ga punya taring, jadi ga bisa ngwarisin ilmu bapaknya. Orangtua si ular sedih, tapi tu anak selalu menghibur dengan menari pita. Suatu hari, ada monster gorila menyerang kota, nantangin pendekar ular. Pas pendekar ular gigit tu gorila, taringnya rontok. Akhirnya anaknya berani ngelawan gorila dengan jurus tari pita andalannya. Pendekar ular pun tetep bangga sama anaknya.

Bango

Si bango ini awalnya Cuma tukang sapu. Suatu hari ada seleksi buat jadi pendekar. Mr. Bango pengen banget ikutan, tapi dia sadar diri, dia Cuma tukang sapu, peot, lemah, dll. Tapi ada temennya yang nyemangatin, katanya ikutan aja. Dari situ si bango jadi semangat, tiap hari dia latihan. Pas hari H, bango sempet diejek sama peserta lain, gara2 kakinya kecil, keliatan lemah, dll. Awalnya bango nyerah sama komentar itu, tapi pas dia ga sengaja nyoba, ternyata mampu, malah Cuma dia yang bisa lewatin rintangannya. Akhirnya luluslah dia jadi pendekar.

Harimau

Di film kungfu panda, nona tigress pernah diceritain waktu kecilnya, waktu dia diajarin shifu tapi shifu jutek gara2 sakit hati sama tai lung. Nah di film ini, diceritain gimana awalnya harimau betina itu bisa nyampe di rumah shifu. Jadi awalnya tigress hidup di sebuah panti asuhan, tapi dia ditakuti, soalnya kan serem, trus dia ga mampu ngendaliin kekuatannya. Tigress selalu ditakuti dan dikucilkan, sampe datanglah master shifu, nolong tigress ngendaliin kekuatannya, dia dilatih sampe temen2nya udah ga takut lagi sama tigress. setelah tokoh yang suaranya diisi sama angelina jolie ini betah di panti, masalah baru datang. Anak2 lain udah pada pergi dari panti, banyak yang udah diadopsi, tinggal tigress sendirian. Dengan sikapnya yang dingin, lalu master shifu datang, ngajak tigress buat tinggal sama dia. Jadilah tigress murid shifu dan jadi the furious five, bahkan dijagokan jadi pendekar naga.

Monyet

Monyet ini punya cerita yang unik plus kocak. Semula dia hanya monyet pembuat kekacauan, dia selalu ganggu penduduk dengan jatuhin kulit pisang di jalan. Trus penduduk minta tolong sama pendekar lain buat ngusir tu monyet. Tapi selalu mereka berhasil dikalahkan monyet, karena monyet punya jurus andalan, melorotin celana lawan. Setelah sekian pendekar menyerah, datanglah master oogway. Keuntungan oogway dalam menghadapi monyet adalah, dia ga pake celana. Endingnya, monyet kalah. Ternyata yah, monyet itu pernah punya pengalaman buruk, makanya dia jadi nakal. Suatu hari monyet pernah kepeleset kulit pisang, jatoh, pas berdiri lagi, celananya melorot, trus diketawain orang2. Nah disitulah dendam tumbuh di hati monyet. Tapi berkat oogway, dia insap dan diangkat jadi murid.

Setelah nyeritain the furious five, datanglah master shifu. Trus shifu nanya ke anak2, mereka dapet pelajaran apa. Trus anak2 pada jawab kalo mereka dapet pelajaran bahwa kungfu itu ga Cuma berantem, tapi juga belajar bersabar, berani, percaya diri, dll. Kungfu panda, film itu ibaratnya training motivasi dalam bentuk yang lebih menarik. Yang belum nonton, buruan tongkrongin tu film, dijamin puas.