antara bulan, popularitas dan masalah

Pasca kematian sang raja pop, acara-acara TV jadi rame sama berita tentang Michael Jackson. Ada yang bahas kabar update setelah kematian doi, ada juga yg ngomongin c MJ pas msh idup. Ortu gw bilang, kematian jacko ini suasananya sama kayak pas Lady Di meninggal. Trus gw tanya, pas Kurt Cobain mati, kayak gini juga ga. Bokap malah baru ngeh kalo senior gw itu udah ga ada. Walah, ternyata Cobain belum setara sama putri Diana ato Jacko.hehe. Di sebuah siang, gw liat berita tentang Jacko di TV ONE. Waktu itu diputerin lagu “you are not alone”, katanya lagu itu seakan buat si jacko sendiri, cz dibalik kesuksesannya, dia malah sering ngerasa kesepian, jauh dari keluarga, pokoknya banyak masalah. “Ironi superstar”, itu judul reportase siang itu.

Akhir2 ini, langit malam bagus bgt. Yeah, sekitar tgl 14 tiap bulan di penanggalan Hijriyah, bulan purnama insya Allah bakal rutin nongol. Bulan rajab ini, full moon muncul di tengah rame-ramenya pemberitaan soal Mikaeel Jackson (selain rame pilpres). Gw kepikiran sama berita yg di TV ONE tadi. Pas liat bulan purnama, keliatannya bintang jaraknya lebih jauh dari jarak biasanya terhadap c bulan. Maksud gw gini, biasanya kalo bulan ga full shining, keliatan bintang tu lebih rame ada di sekitar bulan. Nah sekarang, pas caang bulan, bintang2 malah keliatan lebih jauh. Well, itu kayaknya gara2 sinar dari bulan lebih terang, jadi bintang yg deket sama dia, ketutup cahayanya. Dibalik fenomena natural itu, gw ambil analogi membabi buta. Mungkin itu juga yg dialami c jacko. Pas dia dinilai sukses sama dunia, dia malah ngerasa sepi, ditinggalin dsb. Di acara Musical Journey of michael jackson yg ditayangin metro tv kemaren sore (sebenernya di jadwal acara ditayangin malem jam 10, tapi malem itu acaranya dipotong gara2 ada siaran laporan langsung kunjungan capres no 1 & 3 ke kantor PP Muhammadiyah), salah satu narasumbernya (kalo g salah jay subiyakto, cowo yg gondrong itu loh, yg gayanya mirip dimas jay, bener kan itu namanya.hehe, lupa-lupa ingat nih, Cuma ingat kuncinya) bilang kalo perasaan sedih yg jacko alami itu wajar, itu memang harga sebuah popularitas. Gw setuju sama pendapat dia, buktinya, John Lennon malah bukan pake perasaan sedih lagi bwt ngebayar popularitas yg dia dapet, tapi nyawa. Jadi intinya, there’s no free lunch, ga ada yg gratis, semua yg kita pilih & jalani pasti ada harganya, biaya imbangan, opportunity cost.

Ngomong2 soal masalah, di khutbah jumat sebelum gw balik ke garut, seorang khatib di masjid al hurriyyah bacain surat Al Balad ayat 4, laqod kholaqnal insaana fii kabad, sesungguhnya Allah menciptakan manusia dalam keadaan susah payah. Jadi menurut c khatib, sebenernya selama kita hidup di dunia ini, kita bakal terus dikasih masalah. Di ayat lain, Allah memerintahkan kita buat terus ngelanjutin beresin masalah tadi. Di surat Al Insyarah ayat 5-7, Allah bilang bahwa sesungguhnya di dalam kesulitan itu ada kemudahan, trus kalo kita udah beres ngerjain sesuatu, lanjutkanlah ngerjain yg lain dengan sungguh2. Alhasil, gw jadi semangat lagi setelah denger khutbah tadi (semangat pulang maxudnya). Anyway, ada lagi nih, artikel bagus. Subhanallah sekali lah pokona mah. Tuhan kita emang Maha Keren. Guys, check this out!

- Manusia Bertanya : Kenapa aku diuji ?

- Qur'an Menjawab : Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan : “Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? (Al-Ankabuut:2).

- Manusia Bertanya : Kenapa aku tidak diuji saja dengan hal-hal yang baik ?

- Qur'an Menjawab : boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu

tidak mengetahui. (Al-Baqarah : 216)

- Manusia Bertanya : Kenapa aku diberi ujian seberat ini?

- Qur'an Menjawab : Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. (Al-Baqarah : 286)

- Manusia Bertanya : Bolehkah aku berputus asa ?

- Qur'an Menjawab : ..dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.(Yusuf : 87)

- Manusia Bertanya : Bagaimana cara menghadapi ujian hidup ini?

- Qur'an Menjawab : Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.(Ali Imraan : 200) Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'. (Al-Baqarah : 45)

- Manusia Bertanya : Bagaimana menguatkan hatiku?

- Qur'an Menjawab :..Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal.. (At-Taubah : 129)

- Manusia Bertanya : Apa yang kudapat dari semua ujian ini?

- Qur'an Menjawab : Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu'min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka.. (At-Taubah : 111)

Sabda Nabi Saw "sampaikan dariku walau hanya satu ayat"

Labels: